Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

Distribusi Bantuan PMI Untuk Korban Banjir Bandang Kabupaten Ciamis

Puluhan relawan yang bertugas di Posko PMI yang didirikan tak jauh dari lokasi pom bensin di jalur perbatasan Tasikmalaya masih terus memantau kondisi perkembangan di lokasi banjir bandang Kabupaten Ciamis. Operasi respon darurat yang dilakukan PMI kini sudah melangkah ke kegiatan distribusi bantuan untuk korban di lokasi pengungsian.

“PMI lakukan distribusi bantuan berupa hygiene kit sebanyak 20 paket, baby kit 50 paket, air minum kemasan 25 dus, dan selimut 100 unit, untuk 332 warga yang mengungsi di Madrasah Raudhatul At’fal Desa Pasir Samiang, Rabu pagi tadi. Distribusi bantuan sebenarnya sudah dilakukan PMI sejak Selasa malam (29/3/2011), berupa 58 unit tikar dan 9 selimut untuk 47 warga yang sempat mengungsi di Posko PMI kemarin,” ucap Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Ciamis, Panji Dwiana dari Posko PMI di lokasi bencana, Rabu sore (30/3/2011).

Posko Markas PMI Kabupaten Ciamis melaporkan, berdasarkan data sementara hingga Rabu sore ini jumlah pengungsi korban banjir bandang mencapai ribuan warga, sebagian di pusatkan di satu titik lokasi pengungsian di Balai Desa Pasir Samiang.

Panji menjelaskan, “Sebanyak 332 pengungsi yang hingga Rabu siang ada di Madrasah Raudhatul At’fal, direlokasi ke Balai Desa Pasir Samiang. Data sementara hingga sore tadi, ada 1.500 warga yang mengungsi.”

PMI Kabupaten Ciamis juga menyampaikan bahwa pascabanjir bandang Rabu sore ini, ada 29 relawan dari PMI Kabupaten Tasikmalaya dan PMI Kabupaten Ciamis, bertugas mendistribusikan bantuan, dan pantau kondisi pengungsi. Selasa kemarin, sebanyak 40 relawan PMI telah bantu evakuasi dan membantu warga membersihkan rumah dan jalur jalan yang penuh dengan lumpur serta batang-batang kayu dan batu-batu besar. Dalam tim PMI termasuk relawan khusus ambulan kru beserta satu unit ambulans PMI. Tim relawan PMI seluruhnya disiagakan memantau perkembangan kondisi pascabanjir bandang di Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

Para pengungsi masih membutuhkan uluran tangan berbagai pihak untuk membantu meringankan beban mereka. Markas Pusat PMI sudah memberangkatkan bantuan logistik berupa 277 paket hygiene kit, 500 paket family kit, 500 unit selimut, dan 10 unit plastik roll, langsung dari Jakarta, Rabu sore (30/3/2011) dan ditargetkan akan tiba di lokasi bencana pada tengah malam atau dini hari Kamis esok (31/3/2011).*

(Dok. Foto dari relawan PMI Kota Banjar)
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: T. Setiawan, Kepala Markas PMI Kabupaten Ciamis, Telpon: 0265771405,  Panji Dwiana, Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Ciamis, Hp. 081323080254.