Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

MOBIL UNIT DONOR DARAH PMI YANG PERTAMA DI INDONESIA

PMI menerima donasi sebuah kendaraan dengan desain spesial. Kendaraan ini merupakan kendaraan unit donor darah yang pertama di Indonesia dengan konsep mobile service.

Hino Indonesia (PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) memberikan donasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) berupa sebuah Mobil Unit Donor Darah, jenis Truk Hino Dutro yang dapat digunakan sebagai sarana transportasi untuk mendukung pelayanan donor darah keliling PMI kepada masyarakat.

Donasi tersebut diserahkan oleh President Director HMSI Toshiro Mizutani bersama President Director HMMI Kenji Ohara dan diterima oleh Sekjen PMI Budi A. Adiputro, di Gedung Wisma Indomobil, Jl. MT. Haryono Kav. 9, Jakarta, Jumat pagi (11/3/2011).

Mizutani mengatakan ”Sebagai wujud komitmen dan tanggungjawab sosial Hino kepada masyarakat, Hino merancang Mobil Donor Darah ini untuk membantu program donor darah PMI agar kekurangan pasokan darah di PMI dapat teratasi.  Semoga mobil unit donor darah yang kami donasikan ini dapat membantu PMI agar dapat menjangkau masyarakat luas di berbagai daerah sehingga dapat menjaring pendonor darah yang lebih banyak”.
 
Sekjen PMI, Budi A. Adiputro mengatakan, ”Kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak Hino Indonesia atas donasi ini. Tambahan armada mobil unit donor darah ini tentunya akan semakin memudahkan para pendonor yang tidak punya waktu untuk datang ke PMI. Mereka juga tidak perlu ruangan khusus untuk donor darah, tapi pendonor bisa langsung dilakukan di dalam mobil.” 

Mobil Unit Donor Darah PMI, dilengkapi dengan empat unit tempat duduk khusus untuk proses donor darah, pendingin ruangan agar para penyumbang darah bisa lebih nyaman, serta coolbox tempat kantorng darah dan perangkat penyadapan darah.

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Hino ini kepada PMI diharapkan mampu mengumpulkan darah dari masyarakat yang selama ini kesulitan untuk menjangkau lokasi donor darah. Dengan mobil Donor Darah, PMI akan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai daerah untuk mencari donor darah.
 
Tercatat, tahun 2006, Hino Motors Ltd., Japan memberikan donasi dua unit Truk Hino kepada Palang Merah Indonesia sebagai bentuk kepedulian sosial Hino terhadap musibah gempa di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain truk, Hino juga memberikan sumbangan berupa tenda, makanan dan minuman dan pakaian senilai 100 juta rupiah. Tahun 2009, Hino Indonesia memberikan donasi senilai 100 juta rupiah melalui Palang Merah Indonesia untuk membantu meringankan beban para korban bencana gempa bumi di Sumatera

Dalam kesempatan ini, Hino juga menyumbangkan satu unit Mobil Pendidikan Konservasi Lingkungan, menjawab kebutuhan kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup untuk mengembangkan konservasi melalui pembangunan dan pengelolaan sumber daya alam berbasis konservasi di Kabupaten Lampung Barat.*

(Dok. Foto Oleh Ayu Andini, Biro Humas PMI Pusat)
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Exkuwin Suharyanto, Biro Humas Markas Pusat PMI, Hp. 08129658624.