Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

PMI KOTA CILEGON GELAR SERTIJAB KEPALA UNIT TRANSFUSI DARAH

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon, Selasa 05 Oktober 2010 menggelar acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) dari Pejabat Sementara M. Farchy Syadeli kepada Dr. Muhammad Arief Gunawan, di Aula Setda Kota Cilegon, acara tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Cilegon Drs. H. Edi Ariadi, M.Si selaku Ketua PMI Kota Cilegon, Kepala Dinas Kesehatan, Kesbanglinmas, dan juga hadir beberapa perwakilan dari Puskesmas se-Kota Cilegon.

Kepala UTD PMI Kota Cilegon Dalam sambutannya “ peningkatan kinerja merupakan syarat mutlak, demi tercapainya tujuan kita menyediakan darah yang aman, terjangkau merata dan berkesinambungan, tentunya kerjasama antar lintas sektoral juga menjadi perhatian kami untuk meningkatkan pelayanan kami dalam penyediaan darah “.

Sementara itu dalam sambutan Ketua PMI Kota Cilegon Drs. H. Edi Ariadi, M.Si menghimbau kepada seluruh jajaran SKPD, pimpinan BUMN/BUMD dan segenap masyarakat kota cilegon untuk mendonorkan darah, sejalan dengan program utama ketua umum PMI H. Muhammad Jusuf Kalla, “ mari kita jadikan donor darah sebagai gaya hidup (life style) “.

Setiap kali menerima darah dari pendonor, maka PMI melakukan proses pengolahan darah yang terdiri atas screening atau pemerikasaan darah dan konfirmasi golongan darah. Kemudian dilakukan uji saring darah yang berfungsi mengetahui kesehatan darah, apakah terbatas dari hepatitis B, hepatitis c, HIV/AIDS dan sifilis. Setelah proses uji saring selsai, dilakukan uji cocok serasi yaitu percobaan percampuran darah donor dengan darah pasien (Cross Matching).

Manfaat bagi pendonor darh adalah, tubuh menjadi lebih sehat, memperlancar sirkulasi sel darah, regenerasi sel darah, sebagai saran menanmkan jiwa social, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. “ Dengan mendonorkan darah kita sehat mereka selamat “ ucap Salim Maulana seorang pegawai UTD PMI Kota Cilegon.

Syarat Donor Darah,
  1. Berumur 17 – 50 tahun
  2. Berbadan sehat
  3. Berat badan minimal 45 kg
  4. Tekanan darah, systole 110-160 mmHg, Diastole 12.5 gr%
  5. Denyut nadi 50-100/menit
  6. Haemoglobin penyumbang pertahun paling banyak 5 kali, dengan jarak penyumbang sekurang-kurangnya 3 bulan

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Salim Maulana (Staf UTD PMI Kota Cilegon) 085921421199, 0254-392741. Fadil (Staf Markas) 087877966244, 0254-394617.