Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

KETUA UMUM PMI : PMI SELALU SIAP BANTU KORBAN BENCANA

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla untuk kedua kalinya kembali “merapat” ke Merapi untuk meninjau langsung operasi tanggap darurat bencana yang dilaksanakan PMI di Yogyakarta dan Klaten. Kunjungan kerjanya yang pertama, dilakukan pada 27 Oktober 2010 lalu, tak lama setelah Merapi meletus.

Pada kunjungan kerjanya yang kedua, Sabtu siang tadi (6/11), ia melakukan koordinasi intensif dengan PMI Yogyakarta, PMI Provinsi Jawa tengah dan beberapa cabangnya di PMI Kabupaten Sleman dan PMI Kabupaten Klaten.

“PMI selalu siap membantu warga korban Merapi. PMI juga telah mendistribusikan air bersih ke lokasi-lokasi pengungsian utama di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Semoga bantuan kami dapat meringankan beban semuanya di sini,” ucap ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat distribusi bantuan logistik PMI berupa ribuan unit selimut langsung kepada para warga korban Merapi di pengungsian Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta,  Sabtu siang (6/11).

Jusuf Kalla juga berdialog langsung dengan ratusan korban Merapi di Stadion olahraga Maguwoharjo, Sleman. Selain itu, rombongan Pengurus Pusat PMI juga menjenguk langsung korban yang mengungsi di GOR Gelarsena, Klaten, Jawa Tengah.

Selama operasi tanggap darurat bencana Merapi, PMI melaksanakan operasi respon berupa evakuasi puluhan ribu korban Merapi ke pengungsian, pendataan pengungsi dan kebutuhannya, layanan kesehatan, dukungan psikososial (Psychosocial Program Support/PSP), layanan Dapur Umum, dan layanan air bersih serta sanitasi darurat (water and sanitation/watsan).

Ketua Umum PMI melakukan peninjauan langsung perangkat lengkap produksi air bersih PMI di PKU Muhammadiyah, Yogyakarta serta posko logistik bantuan PMI di pengungsian Maguwoharjo.

Kabar terkini dilaporkan, PMI siap mengerahkan 2 unit kendaraan amphibinya untuk menembus medan berat dalam operasi evakuasi korban Merapi bekerjasama dengan Kopassus.*

(Foto Oleh Tim Dokumentasi PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Talchah Hamid, Staf Kominfo PMI DI Yogyakarta, Hp. 02749268365, M. Nashir, Staf Humas PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp. 081228011455.