Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

RELAWAN PMI SE-BANTEN PERINGATI HUT RELAWAN

Tangerang, 26 Desember 2010 Relawan PMI Banten Gelar acara peringatan Hari Relawan di ruang serba guna Ahlakul Karimah di Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang yang bertajuk “Kita Satukan Gerak dan Langkah Menuju Relawan Peduli, Terlatih dan Profesional”, yang dirangkai dengan worksop Manajemen Relawan dan Pertolongan Pertama (PP).

Hadir dalam acara tersebut Staf PMI Pusat Bidang PMR & Relawan Ibu Rina Utami yang dalam kesempatan tersebut memberikan materi Manajemen Relawan dan Kepala Markas PMI  se- Kab/Kota Provinsi Banten serta ratusan relawan dari berbagai Kab/Kota di Banten ikut memeriahkan HUT Relawan PMI yang jatuh pada tanggal 26 Desember.

Dalam acara tersebut PMI Kota Cilegon mengirimkan puluhan relawannya, selain untuk memperingati HUT Relawan juga untuk menjalin tali silaturahim antara Pengurus, Staf dan Relawan PMI se-Banten.

Tanggal 26 Desember ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Relawan, bentuk apresiasi terhadap ribuan relawan yang bertugas pada waktu bencana tsunami yang melanda Aceh pada tanggal 26 Desember 2004. Tanggal tersebut dijadikan sebagai hari yang akan selalu diingat oleh masyarakat terhadap bantuan tanpa pamrih yang dilakukan oleh relawan di pusat-pusat bencana di Aceh.

Menjelang siang tepatnya pukul 13.00 WIB acara dilanjutkan dengan materi Pertolongan Pertama yang disampaikan oleh Dr. David H. Sidabutar, beliau merupakan salah satu penyusun buku Pertolongan Pertama yang selama ini digunakan PMI,  “suatu penghargaan yang luar biasa bagi relawan mendapatkan materi langsung dari penyusun buku PP “ Ucap Holid (salah satu Peserta dari PMI Cilegon).

Bagi Palang Merah Indonesia, Relawan adalah asset sumber daya yang tak ternilai harganya. Bahkan keberadaan para Relawan PMI masih tetap sebagai "unsur terdepan" tugas-tugas pelayanan PMI di lapangan, sehingga dapat dikatakan bahwa Relawan PMI adalah pejuang nilai-nilai Kemanusiaan yang mengemban misi dari organisasi Palang Merah Indonesia. Bila melihat kiprah pengabdian dan semangat para relawan Palang Merah Indonesia saat penanganan bencana gempa dan sunami di Aceh dan Nias tahun 2004 silam adalah salah satu bukti betapa besarnya peranan Relawan PMI dalam mengemban tugas-tugas kemanusiaan.