Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

Peringati HUT PM/BSM ke-148, PMI Cilegon Gelar Donor Darah

Dalam rangka memperingati Hari Palang Merah/Bulan Sabit Merah (PM/BSM) Internasional Tahun 2011, PMI Kota Cilegon menggelar kegiatan donor darah, bertempat di Mall Cilegon, Rabu (11/8).
Pengurus PMI Kota Cilegon, H. Kamarul Hajar dan TB. Imam Sri Bima menyatakan, sesuai dengan tema peringatan “Temukan Jiwa Relawanmu”, kegiatan donor darah merupakan upaya PMI untuk memotivasi jiwa kesukarelaan pada masyarakat untuk membantu meringankan beban sesama.
“Dalam setiap diri kita terdapat jiwa relawan. Untuk itulah dalam peringatan Hari PM/BSM Internasional tahun ini, PMI berupaya untuk membangkitkan jiwa-jiwa relawan yang ada pada masyarakat melalui kegiatan donor darah ini,” kata Sekda Kota Cilegon selaku ketua PMI Kota Cilegon saat dihubungi via telepon.

Ia berharap, kegiatan donor darah yang selalu rutin dilakukan oleh PMI Kota Cilegon melalui Unit Donor Darah (UDD) dalam setiap kegiatan maupun beberapa momentum peringatan hari-hari besar nasional akan dapat menumbuhkembangkan jiwa kesukarelaan pada masyarakat dalam menolong sesama.

“Hal ini kami lakukan, agar persediaan darah di UDD selalu memadai, sehingga ketika dibutukan oleh masyarakat, darah sudah tersedia. Meski demikian, PMI Kota Cilegon juga sering memberikan solusi ketika persediaan darah kosong di UDD melalui donor darah langsung. Relawan-relawan PMI Kota Cilegon selalu siaga dan siap membantu masyarakat dengan mendonorkan darahnya secara langsung ketika dibutuhkan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah yang juga pengurus PMI Kota Cilegon, M. Farchi Syadeli menyatakan, ada dua keuntungan dengan mendonorkan darah. “Pertama, darah yang kita sumbangkan tersebut nantinya digunakan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan. Keduanya, degan donor darah, tubuh kita juga akan sehat, karena ketika darah kita donorkan, maka akan tumbuh kembali darah baru yang lebih segar dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Motto kami, Kita Sehat, Mereka Selamat!” tuturnya.
Dari pantauan di lokasi kegiatan, pengunjung Supermall tampak menyambut baik kegiatan tersebut. Hal itu terbukti, beberapa menit setelah kegiatan dibuka, puluhan  pengunjung langsung mendaftarkan dirinya untuk didonor dan terkumpul sejumlah 107 kantong darah.

Sosialisasi dan Rekrut Relawan

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Cilegon, Ujang Syamsul menyatakan, selain donor darah, juga digelar sosialisasi tentang kepalangmerahan melalui penyebaran brosur dan perekrutan relawan PMI. “Momentum ini juga kami jadikan ajang untuk menyebarluaskan informasi mengenai kepalangmerahan serta perektrutan relawan PMI agar masyarakat lebih mengetahui dan memahami peran dan tugas PMI sebagai organisasi kemanusiaan dengan harapan ke depan masyarakat akan mencintai PMI dengan turut memberikan dukungan moril maupun mteril  dalam setiap kegiatan kemanusiaan, baik kegiatan kesiapsiagaan maupun penanggulangan bencana, khususnya di Kota Cilegon,” katanya.

Ujang berharap, melalui sosialisasi tentang kepalangmerahan dan rekrutmen langsung relawan di lokasi kegiatan, PMI Kota Cilegon akan mendapat dukungan lebih banyak lagi tenaga relawan baik Korps Suka Rela (KSR) maupun Tenaga Suka Rela (TSR) yang kelak dapat membantu PMI dalam operasi-operasi kemanusiaan.