Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

LINDUNGI DIRI SAAT BERTUGAS DI LOKASI BENCANA

SEBELUM melaksanakan tugasnya,  Tim Dapur Umum (DU) dan Logistik dari PMI Cabang Kota Cilegon dan Serang harus singgah dahulu di posko kesehatan yang berada di lantai I gedung Sekolah Tinggi Islam Ahmad Dahlan. (STIAD)  Di Posko Kesehatan ini para relawan yang akan bertugas disuntik tetanus.

Menurut petugas Posko Kesehatan, dr. Dina, seluruh relawan yang bertugas di lokasi bencana Situ Gintung harus mendapatkan suntikan tetanus untuk mencegah inveksi. “Di lokasi ini sudah banyak virus atau bakteri serta benda-benda tajam yang berserakan di mana-mana. Jadi, relawan yang bertugas harus mendapat perlindungan kesehatannya, jangan sampai terkena penyakit,” katanya. Ia menyatakan, Selasa (31/3), relawan yang disuntik sudah mencapai 90 orang. “Sejak pagi sampai siang, semua relawan, baik dari PMI dan unsur lainnya telah kami berikan suntikan tetanus,” ujarnya.

Selain dilindungi tubuhnya dengan suntikan tetanus, para relawan juga diharuskan mengenakan masker dan sarung tangan serta sepatu bot. Hal itu juga untuk menghindari diri dari ancaman serangan penyakit. Masyarakat juga yang sampai saat ini terus mengalir ke lokasi bencana seharusnya melindungi dirinya.

Kasus yang terjadi belakangan ini, ada seorang warga yang terjatuh ketika berkunjung ke Situ Gintung, karena jalan yang dilalui sangat licin. Akibat kejadian itu, warga tersebut mengalami luka dan terkilir di bagian tangan sehingga harus dilarikan ke puskesmas setempat.