Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

ORIENTASI BAGI ANGGOTA FORPIS

Masa kepengurusan Forum Komunikasi Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Cabang Kota Cilegon periode 2008-2009 akan usai Maret 2009 ini. Pengurus Forpis masa bakti 2008-2009, 28 Februari lalu menggelar rapat di Markas Cabang PMI Kota Cilegon guna mempersiapkan acara sorientasi bagi  anggota Forpis sekaligus ajang seleksi untuk meneruskan estafet kepengurusn Forpis periode 2009-2010. “Kami telah melakukan pertemuan dan merekomendasikan kepada Markas PMI Cilegon untuk mengusulkan kegiatan seleksi sekaligus orientasi bagi para calon anggota Forpis. Dari daftar sementara yang kami miliki, untuk anggota PMR tingkat Madya dan Wira ada sekitar 200 lebih  unit. Mereka semua nantinya akan kami undang untuk mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kegiatan seleksi dan orientasi Forpis 2009 ini,” kata Koordinator Forpis Cabang Kota Cilegon, Fitriyah kepada redaksi pmicilegon.org, kemarin (8/3).


Ia menyatakan, kegiatan tersebut dinilai penting bagi anggota PMR Madya maupun Wira se-Kota Cilegon yang merupakan anggota Forpis. “Terus terang, kami adalah generasi pertama yang menjadi pengurus Forpis Cabang Kota Cilegon. Meski belum memahami tentang forum ini, kami menoba untuk belajar kepada Kakak kami di Forum Komunikasi Korps Suka Rela (FK KSR) bagaimana mengelola organisasi ini,” tuturnya. Fitri panggilan akrab siswa kelas III SMAN 1 Cilegon ini mengakui keberadaan Forpis periode 2008-2009 masih belum bisa memberikan kontribusi banyak terhadap kemajuan PMR. “Mudah-mudahan, pengalaman dan kemampuan kami yang masih minim ini tentang Forpis bisa lebih ditingkatkan lagi oleh pengurus lainnya. Terlebih dalam memajukan kegiatan PMR di Kota Cilegon,” tandasnya.

Meski demikian, lanjutnya, Forpis periode 2008-2009 merasa bersyukur karena terlibat langsung  pada kegiatan Temu Karya Relawan PMI Tingkat Nasional tahun 2008 dan sebagai panitia dalam JUMBARA PMR PMI Cabang Kota Cilegon 2009. “Kedua kegiatan tersebut merupakan pengalaman kami yang sangat mengesankan dan berharga sebagai pengurus Forpis. Pengalaman yang tak terlupakan, dan kami banyak belajar kepada kakak-kakak relawan secara langsung  pada kegiatan tersebut,” tukasnya. Sementara itu, Mutamasikin, anggota Forpis menyatakan, kegiatan seleksi dan orientasi bagi anggota dan calon pengurus Forpis periode 2009-2010 akan dilaksanakan seminggu sekali yakni pada hari minggu. “Target kami kegiatan ini akan digelar sebanyak empat kali. Tiap hari Minggu, mereka akan diberi pengenalan dan pengetahuan tentang Manajemen PMR, Youth Center, dan Forpis, serta tentang materi-materi  ke-PMR-an lainnya seperti Ayo Siaga Bencana, Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), Kesehatan Remaja (Kesja), Kepemimpinan PMR, dll baik teori maupun prakteknya,” ujarnya. Ia berharap, kegiatan yang singkat tersebut bisa memberikan gambaran awal kepada para anggota PMR di masing-masing unit, sehingga ketika menghadapi tahun pelajaran baru, mereka bisa mempromosikan PMR kepada adik-adik kelasnya kelak.(*)