Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

PMR CALON PEMIMPIN MASA DEPAN

Sekretaris PMI Cabang Kota Cilegon, dr. Zainoel Arifin, M.Kes meminta kepada anggota PMR untuk menjadi Jumbara V sebagai ajang menjalin persahabatan dan menambah ilmu serta pengalaman, khususnya tentang kesiapsiagaan bencana. Hal itu dikatakan Zainoel saat membacakan sambutan Ketua PMI Cabang Kota Cilegon pada acara penutupan Jumbara V PMR-PMI Cabang Kota Cilegon, Senin (26/01). “Jumbara kali ini memang berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Di sini para peserta, baik anggota PMR maupun para Pembina dan Pelatih saling berinteraksi satu sama lain, sehingga jalinan persahabatan dan kekeluargaan antas sesama unit PMR sangat terlihat,” katanya.


Ia menegaskan, anggota PMR adalah potensi sekaligus aset PMI dan juga masyarakat yang harus terus mendapatkan pembinaan agar mereka kelak benar-benar menjadi relawan PMI sejati. “Selain sebagai calon relawan di masa mendatang, adik-adik PMR ini adalah calon pemimpin bangsa. Jika saja saat ini sudah memiliki tingkat respon tinggi dalam membantu meringankan beban penderitaan masyarakat, kelak adik-adik akan menjadi pemimpin yang arif dan bijak serta mampu melindungi dan mengayomi masyarakatnya,” tandasnya. Untuk itu, tambah Zainoel, kepada seluruh KSR dan TSR, khususnya para kepala sekolah dan pembina unit PMR agar senantiasa meningkatkan pembinaan dengan kegiatan-kegiatan nyata yang mampu menumbuhkembangkan sikap kesukarelawanan pada diri anggota PMR.

“Seperti yang dilakukan pada Jumbara kali ini, peserta secara langsung terjun memberikan bantuan berupa makanan yang mereka masak sendiri dan alat-alat tulis serta buku bacaan kepada saudara-saudaranya yang membutuhkan, juga menanam pohon di lingkungan sekolah masing-masing. Kegiatan ini harus terus dipupuk dan dikembangkan pada diri anggota PMR,” tuturnya.

Meriah 
Upacara penutupan Jumbara V berlangsung meriah dengan tampilnya beberapa kontingen yang menunjukkan kebolehannya berupa “yel-yel”. Masing-masing kontingen secara bersama-sama tampil ke tengah lapang sambil memperlihatkan gaya masing-masing. Kemeriahaan bertambah semarak pada saat pembagian tanda jasa dan bakti dari panitia untuk peserta yang mengikuti beberapa kegiatan yang dilombakan yakni Lintas Terampil, Dapur Umum, Pentas Seni, PMR Favorit, dan Kontingen Favorit.

“Kami senang dan benar-benar beruntung bisa ikut Jumbara V, karena di sini, kami seperti saudara, seperti keluarga. Kami harap, kegiatan seperti ini terus ditingkatkan,” kata Fathan Sabit, PMR Favorit dari SMP Islam Terpadu Raudhatul Jannah Cilegon.