Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

REFRESH TRAINING FLU BURUNG

Sebanyak 30 fasilitator Flu Burung PMI Cabang Kota Cilegon mengikuti kegiatan Refresh Training selama tiga hari (29-31 Januari 2009) di Hotel Feri Merak, Cilegon. Acara refresh dibuka Wakil Ketua II, Drs. HM. Sidiqi Suchari, MM didampingi Kepala Markas Cabang, Budi Susanto dan Sekretaris Program Pencegahan Flu Burung Cilegon, Ujang Syamsul.

Dalam sambutannya, Sidiqi meminta kepada para fasilitator flu burung agar lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penyakit, pencegahan dan penanggulangan flu burung. “Meski sudah setahun ini, rekan-rekan relawan terjun ke masyarakat menyosialisasikan tentang flu burung, namun alangkah lebih baiknya pada kesempatan acara ini, pengetahuan dan pemahamannya lebih ditingkatkan lagi,” katanya.Ia menandaskan, peran PMI, khususnya para relawan dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit mematikan yang menyerang unggas tersebut sangat besar.  Atas dasar itu, pengurus PMI Cabang Kota Cilegon menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih terhadap darma bakti relawan tersebut.


Sementara itu, Ujang Syamsul menyatakan, refresh training lebih ditujukan untuk memberikan penyegaran terhadap para relawan agar lebih memantapkan lagi dalam penyebarluasan informasi pencegahan dan penanggulangan flu burung kepada masyarakat.
“Selama tiga hari ini mereka mendapatkan kembali materi tentang apa itu flu burung, penyebab, ciri-ciri, serta berbagai hal mengenai pencegahan dan penanggulangannya yang dipandu oleh rekan kami dari PMI Cabang Kota Tangerang, Agus Sarulloh dan PMI Cabang Kabupaten Serang, Didit Syadeli,” tuturnya.Ia menyatakan, selama tiga hari, para relawan tidak hanya diberikan penyegaran materi, namun mereka juga diajak bertandang langsung ke desa sasaran di wilayah Pulomerak. “Kegiatan yang dilakukan selain sosialisasi dan penyuluhan juga memberikan contoh kepada warga sekitar tentang kebersihan diri dan kandang serta membuat kompos buatan dari kotoran ternak unggas,” ujarnya.