Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

ORIENTASI BAGI ANGGOTA FORPIS

Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Cilegon, Jumat-Minggu (15-17/5) menggelar kegiatan orientasi dan pembekalan bagi calon pengurus Forum Komunikasi Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) baru periode 2009-2010. Kegiatan yang diikuti sebanyak 88 anggota PMR dari 18 sekolah (SMP & SMA) digelar di Lapangan Pertamina, Lebak Gede, Merak, Kota Cilegon.

Sekretaris PMI Kota Cilegon, dr. Zainoel Arifin, M.Kes yang membuka acara tersebut pada Sabtu (16/5) menyatakan, anggota PMR merupakan aset PMI dalam rangka menjalankan misi kemanusiaan. “Anggota PMR yang berada di unit sekolah dari SD sampai SMA di Kota Cilegon jumlahnya banyak dan mereka adalah aset terpenting yang kami miliki dalam rangka mendukung misi kemanusiaan PMI.
Hari ini, sejumlah perwakilan anggota PMR sedang diberikan pengenalan tentang Forpis. Wadah ini sangat efektif bagi seluruh anggota PMR se-Kota Cilegon guna saling berbagi pengalaman, pengetahuan tentang kepalangmerahan, dan menjalin lebih banyak lagi sahabat,” katanya. Ia menambahkan, melalui anggota PMR yang tergabung dalam wadah Forpis, PMI Kota Cilegon juga bisa secara efektif dan efesien mensosialisasikan program-program kemanusiaan serta informasi lainnya yang berkaitan dengan pencegahan maupun penanggulangan bencana dan penyakit menular, kesehatan remaja, dan lainnya.

Pergantian Pengurus Baru
Selama tiga hari,  para peserta yang kesemuanya adalah siswa kelas 1 dan 2 tersebut mendapatkan beberapa materi tentang organisasi PMI, Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), diskusi, dan pengetahuan lainnya. Selain itu juga, melalui kegiatan yang dikemas dalam bentuk perkemahan, para peserta diajak untuk hidup mandiri jauh dari keluarga.

Dalam acara tersebut juga hadir pengurus Forpis Kabupaten Serang, Pandeglang dan Banten. Mereka mengaku senang bisa hadir pada acara tersebut dan mengenal lebih dekat dengan para pengurus Forpis Cilegon yang baru.

Pada Minggu (17/5), para peserta juga diajak untuk bisa melaksanakan kehidupan berdemokrasi yakni bermusyawarah untuk menentukan Koordinator Forpis Cabang. Dari 88 peserta, Imelda dari SMK Krakatau Steel (KS) Cilegon. Selain Imelda, masing-masing satu anggota PMR dari perwakilan sekolah juga ditunjuk sebagai wakil koordinator.

Usai pemilihan, pengurus Forpis masa bakti 2009-2010 ini langsung dikukuhkan oleh Pengurus PMI Kota Cilegon, Ketua Bidang Organisasi, Farchy Syadeli pada upacara penutupan. Farchy menegaskan, agar para pengurus Forpis baru ini bisa melanjutkan tugas-tugas pengurus sebelumnya dan lebih meningkatkan tali persahabatan antar anggota PMR, baik se-Kota Cilegon, Banten, maupun nasional dan internasional.

Sementara itu, Koordinator Forpis Cilegon 2008-2009, Fitri menyatakan, selama menjadi pengurus banyak pengalaman dan kenangan indah dan berharga bersama teman-teman anggota PMR lainnya. Beberapa kegiatan bersama, seperti latihan gabungan PMR telah diselenggarakan selama kepengurusannya. “Yang lebih berkesan lagi, Forpis Cilegon terlibat dalam kegiatan Temu Karya Nasional yang digelar di Banten beberapa waktu lalu. Kami bisa mengenal lebih dekat kehidupan relawan pada saat itu. Even tersebut telah menggugah dan meningkatkan semangat kami untuk menjadi relawan PMI masa datang,” tuturnya.