Home | Sitemap | PMI Pusat | Kunjungi Situs Kami yang Baru

DONORKAN DARAH KE PMI, BISA PUNYA KARTU MAX+

PMI mulai mensosialisasikan kartu multi manfaat max+. Program kerjasama PMI dan Pertamina yang melibatkan masyarakat untuk mendonasikan darah secara sukarela sekaligus menikmati layanan master card dengan jaringan merchant di 185 tempat.

Kartu multi manfaat max+ (baca: maxplus) merupakan kartu donor darah. Max+ akan segera diluncurkan secara fisik dalam waktu dekat di bulan November 2010 dan diinisiasi oleh Konsorsium JNP, yaitu PT. Jaringan Nusantara Prima, PT. Kapanlagi Dot Com Networks dan PT. Data Aksara Matra, serta PT. Pertamina Retail dengan menggandeng jaringan kartu internasional MasterCard.

“Kartu ini multi manfaat. Anda mendonorkan darah lewat PMI, bisa punya kartu ini dan mendapat layanan Mastercard juga. Melalui kartu ini juga, Anda akan mendapat keuntungan juga dari Pertamina. Jadi, selain sehat, ya dapat untung juga,” ujar Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, saat acara sosialisasi Kartu max+ di SPBU MT. Haryono, Jakarta, Rabu (10/11).

Lebih lanjut, Giri Santoso selaku Direktur Utama PT. Pertamina Retail menjelaskan, “Setiap pembelian bahan bakar khusus dengan menggunakan kartu max+ akan mendapatkan nilai manfaat berupa cashback atau point rewards. PT. Pertamina Retail akan mengontribusikan dana sebesar Rp 10,- untuk setiap liter pembelian bahan bakar khusus di 39 jaringan SPBU COCO Pertamina yang dikelola oleh PT. Pertamina Retail.”

Kartu max+ adalah kartu yang memiliki data digital khusus bagi para pedonor darah sukarela yang terkoneksi dengan sistem jaringan database milik Konsorsium dengan PMI, dan seluruh jaringan merchant Mastercard yang ada di 185 lokasi, diantaranya di Rumah Sakit, Klinik, SPBU, pusat-pusat perbelanjaan, Horeca, Biro Perjalanan Wisata, beberapa maskapai penerbangan, dan lain-lain. Dengan data yang ada dalam chip kartu max+, para pedonor darah juga tak perlu lagi mengisi ulang data secara manual setiap kali akan mendonorkan darahnya, dimana pun ia berada.

Max+ juga bisa berfungsi sebagai Kartu Prabayar (Prepaid). PMI dan Pertamina juga menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam hal ini sebagai salah satu mitra  perbankan kartu max+. Selanjutnya, kartu max+ akan memberikan layanan dalam bentuk Kartu Kredit dan Kartu Debit yang penggunaannya dapat disinergikan secara maksimal.

Dalam acara sosialisasi kartu max+ hari ini, pihak jaringan MasterCard memberikan donasinya sebesar USD 25,000 melalui PMI untuk disalurkan kepada para korban bencana Wasior, Mentawai, dan Merapi. Selain itu, pihak PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Retail juga membuka stand khusus aksi donor darah sukarela di sudut kanan area SPBU MT. Haryono. Para pedonor darah yang datang, tak hanya dari kalangan karyawan Pertamina, tapi juga mereka para pengendara motor dan mobil yang kala itu mengisi bahan bakar di sana.*



(Dok. Foto Oleh Ayu N. Andini, Staf Humas Markas Pusat PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:  Muhammad Thoriq, Kepala Divisi Pengambangan Sumber Daya Markas Pusat PMI, Hp. 081808397300.